Username Dan Alamat Email Untuk Login

Halaman Login secara default menampilkan sebuah form dengan 2 buah kolom isian didalamnya. Kolom yang pertama digunakan untuk memasukkan Username atau Nama Pengguna dan kolom kedua digunakan untuk memasukkan Password atau Kata Sandi.

Username dan Password bisa dibuatkan oleh Administrator secara manual dan datanya dikirimkan melalui email dari calon pengguna, atau bisa di dapat oleh pengunjung dengan cara Register (mendaftar) dengan catatan fitur Register telah diaktifkan oleh pengelola website.

Lalu siapa yang menciptakan Username dan Password untuk pengelola website atau dikenal sebagai Administrator?

Username dan Password untuk pengelola website dibuat bersama dengan proses Instalasi WordPress. Didalam proses Instalasi terdapat satu bagian (step) untuk membuat Username dan Password.

Kolom pertama pada form login memiliki pilihan isian, pengguna dapat memasukkan Username atau juga bisa menggunakan Alamat Email. Darimana alamat email ini didapatkan?

Kembali pada penjelasan di paragraf sebelumnya tentang cara mendapatkan Username dan Password, bahwa keduanya dibuat oleh Administrator atau didapat melalui Register. Alamat email-pun demikian, melalui proses yang sama. Saat Administrator menciptakan user baru ada kolom isian alamat email yang wajib diisi, dan juga berlaku pada halaman Register dimana ada kolom isian alamat email yang harus diisi oleh calon pengguna.

Penjelasan lebih detail tentang Alamat Email ini dapat ditemukan pada tutorial seputar Register.

Kembali pada topik, jika pengguna ingin Login bisa menggunakan Alamat Email sebagai alternatif pengganti Username. Jika Username atau Alamat Email tersebut valid dan tercatat di dalam database maka dipastikan dapat digunakan masuk ke dalam Dasbor.

 

Apa artikel diatas membantu kamu?

Berikan bintang dong

Nilai rata-rata / 5. Jumlah Vote:

__Terbit pada
April 24, 2019
__Kategori
Login

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *