Mewajibkan Nama dan Email Saat Berkomentar

Jika kamu memperhatikan pada bagian komentar WordPress, kamu bisa melihat bahwa kolom Komentar pada WordPress terdiri dari 4 buah kolom isian. Dan terkadang ada kolom yang muncul tulisan bahwa kolomnya bersifat required atau wajib diisi.

Keterangan kolom Komentar pada WordPress

  • Kolom Nama
  • Kolom Email
  • Kolom Website
  • Kolom Isi Komentar

Jika kamu sebagai Pengguna yang telah Login maka yang muncul hanya ada 1 buah kolom saja yaitu kolom isi Komentar. Sementara Pengunjung akan melihat lengkap 4 buah kolom tersebut

Kolom Nama

Kolom ini digunakan untuk menuliskan nama pemberi Komentar, kolom ini bisa diatur sebagai kolom required (wajib diisi) atau bisa dikosongkan. Jika pada pengaturan memperbolehkan Pengunjung tidak menulis nama maka jika kolom Nama dikosongkan nantinya sebagai ganti nama Pengunjung akan otomatis sebagai Anonymous atau orang tidak dikenal

Kolom Email

Seperti juga dengan kolom Nama, kolom Email dapat diatur sebagai kolom required atau wajib diisi, dan isi email harus berupa format alamat email yang valid (contoh : email@domain.com) .  Jika pada pengaturan memperbolehkan untuk tidak diisi maka Pengunjung boleh mengosongkan kolom tersebut.

Kolom Website

Kolom website sifatnya opsional atau bisa untuk dikosongkan, hal ini karena terkadang Pengunjung sebuah website belum tentu juga memiliki website. Walaupun saat ini hampir semua orang memiliki akun jejaring sosial dan masing-masing memiliki tautan profile, toh tidak semua orang memahami hal tersebut.

Kolom Isi Komentar

Ini adalah inti dari Komentar itu sendiri, melalui kolom inilah Pengunjung atau Pengguna menuliskan tanggapan, pertanyaan, diskusi, dan tanya jawab seputar topik yang dibahas didalam Pos Artikel tersebut.

Mewajibkan Pengunjung untuk menuliskan Nama dan Email dalam kolom Komentar mungkin bukan sebuah hal yang penting. Tapi kamu bisa mencoba pengaturannya melalui menu berikut:

Pengaturan > Diskusi

Pada halaman Pengaturan Diskusi, pada bagian Pengaturan komentar lainnya terdapat sebuah opsi centang dengan keterangan Penulis komentar harus menuliskan nama dan email.

Selanjutnya kamu bisa menekan tombol Simpan Perubahan yang ada dibagian bawah untuk menyimpan hasil perubahan. Dan hasilnya setiap Pengunjung mencoba berkomantar tetapi mengosongkan Nama atau Email akan muncul pesan seperti berikut

 

Apa artikel diatas membantu kamu?

Berikan bintang dong

Nilai rata-rata / 5. Jumlah Vote:

__Terbit pada
April 22, 2019
__Kategori
Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *