Menampilkan Menu-Menu Pada Header Web

Saat kamu mengunjung halaman sebuah website, kamu akan melihat barisan link Menu berada di bagian Header web. Umumnya memang tema menampilkan Menu pada bagian Header, ada sebagian yang menampilkan Menu pada Sidebar atau Footer.

Mayoritas tema WordPress juga selalu menampilkan Menu pada bagian Header. Hal ini dimaksudkan untuk menjadi perhatian pertama dari Pengunjung website dan sebagai Navigasi untuk menuju halaman-halaman penting dalam website.

Cara Menampilkan Menu Pada Header

Pertanyaan kamu adalah bagaimana cara menampilkan menu pada Header? Dimana lokasi pengaturannya? Oke kita akan menuju ke halaman untuk menampilkan Menu pada Header. Silahkan masuk ke dalam Dasbor dan pilih menu

Tampilan > Menu

Disinilah lokasi untuk kamu mengelola Menu pada WordPress. Dan untuk bisa menampilkan Menu di Header website, minimal kamu harus melakukan 3 langkah berikut.

  1. Membuat Grup Menu
  2. Menambahkan Minimal 1 Item Menu
  3. Memilih Lokasi Menu

1. Membuat Grub Menu

Jika ingin bisa menampilkan Menu, paling tidak kamu sudah mempunyai 1 Grup Menu aktif di dalam halaman ini. Bagaimana cara buatnya? Lihat gambar berikut ini

  • Isi Nama Menu sesuai dengan keinginan kamu, nama ini akan menjadi nama Grup Menu
  • Klik tombol Buat Menu, dan tunggu prosesnya sampai halaman selesai merefresh

Menambah Item Menu

Setelah kamu memiliki Grup Menu yang aktif, kamu sudah bisa mulai menambahkan Item Menu kedalam grup. Minimal kamu harus menambahkan sebuah Item Menu. Silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

  • Pilih dengan cara centang salah satu Item Menu dari Grup disisi kiri, grup default yang tersedia adalah berasal dari Laman (daftar semua Laman), Pos (daftar semua Pos), Tautan Tersesuai (Tambah item Menu manual), Kategori (daftar semua Kategori).
  • Tekan tombol Tambahkan ke Menu, tunggu prosesnya hingga menu yang kamu centang muncul disisi kanan pada Grup Menu.

Memilih Lokasi Menu

Setelah Item Menu yang kamu centang sudah muncul dalam Grup Menu, langkah terakhir yang kamu lakukan adalah memilih Lokasi penayangan. Di-Lokasi mana menu akan ditampilkan pada web, sesuaikan dengan nama Lokasi penayangan yang disediakan oleh tema.

  • Pilih dengan cara centang pada Lokasi penayangan yang tersedia. Tema yang dipakai dalam tutorial hanya memiliki satu Lokasi bernama Header (nama bisa berbeda-beda tergantung pembuat temanya memberi nama). Pada tema lain bisa jadi ada lebih dari satu nama Lokasi penayangan.
  • Tekan tombol Simpan Menu untuk menyimpan hasil perubahan yang baru saya kamu lakukan. Setelah halaman ini merefresh, silahkan cek website kamu untuk melihat kemunculkan Menu yang baru ditambahkan.

Apa artikel diatas membantu kamu?

Berikan bintang dong

Nilai rata-rata / 5. Jumlah Vote:

__Terbit pada
Mei 9, 2019
__Kategori
Menu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *