Gagal Login, Nama Pengguna Tidak Sah

Dalam proses Login ada kalanya pengguna mendapati pesan seperti berikut ini. “GALAT : Nama pengguna tidak sah“. Ini dapat dijelaskan bahwa sistem gagal menemukan Username atau Nama Pengguna yang telah kita masukan di dalam kolom Username.

Berbasarkan beberapa buah kasus yang terjadi, ada beberapa penyebab:

  • Salah ketik Username (typo)
  • Pengguna tidak atau belum terdaftar
  • Pengguna diblokir atau di-blacklist
  • Pengguna dihapus dari website

Ada 4 buah kemungkinan penyebab yang dapat dipastikan, namun jika kamu yang mengalami “GALAT : Nama pengguna tidak sah” statusnya adalah Administrator kemungkinan penyebabnya hanya pada point pertama saja, dan 3 point lainnya tidak berlaku.

Berikut penjelasan dari masing-masing point secara lebih detail.

Salah Ketik Username / Typo

Kejadian ini dapat berlaku pada semua orang. Dan beberapa hal yang menyebabkan salah ketik antara lain sebagai berikut:

  • Tingkat Konsentrasi Kurang. Kesalahan ketik dapat terjadi karena kurangnya konsentrasi saat menekan tombol-tombol huruf/angka diatas keyboard.
  • Faktor Lupa. Hampir serupa dengan kurangnya konsentrasi, lupa juga jadi salah satu sebab terjadinya salah ketik pada papan keyboard.
  • Eror Pada Papan Keyboard. Jika kedua sebab diatas lebih pada kesalahan manusia, sebab ketiga ini terjadi karena kesalahan mesin. Ada kemungkinan tombol keyboard atau keypad rusak dan kita tidak menyadarinya saat mengetik.

Pengguna Belum Atau Tidak Terdaftar

Ada kemungkinan penyebab Nama Pengguna tidak sah adalah karena belum terdaftar atau tidak terdaftar di dalam website. Contoh mudahnya jika kita memiliki 2 buah website yang berbeda misal websiteabc.com dan website123.com. Lalu kita juga membuat Username dan Password untuk keduanya berbeda. Lalu secara tidak sengaja kita mencoba Login pada websiteabc.com namun selalu gagal, dan kemudian baru disadari bahwa data yang dimasukkan adalah untuk website123.com alias tertukar.

Pengguna Diblokir Atau Diblacklist

Pengguna diblokir biasanya disebabkan oleh hal-hal buruk yang mungkin telah dilakukan oleh Pengguna bersangkutan. Dengan bantuan Plugin tertentu, Administrator dapat mem-blokir atau memasukkan Pengguna kedalam daftar hitam (blacklist). Akibatnya pengguna bersangkutan tidak dapat lagi Login dan mendapati pesan Nama pengguna tidak sah.

Pengguna Dihapus Dari Website

Dengan berbagai alasan, seorang Administrator dapat menghapus data Pengguna dari website. Hal ini menyebabkan pengguna tidak dapat lagi Login dan mendapati pesan yang sama yaitu Nama pengguna tidak sah.

Apa artikel diatas membantu kamu?

Berikan bintang dong

Nilai rata-rata / 5. Jumlah Vote:

__Terbit pada
April 24, 2019
__Kategori
Login

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *