Gagal Login, Alamat Email Tidak Sah

Menggunakan Alamat Email untuk Login bisa jadi alternatif pengganti Username. Lalu bagaimana jika ketika login menggunakan Alamat Email justru muncul pesan “GALAT : Alamat email tidak sah“, Apa yang terjadi? Apakah sistem hanya memperbolehkan Login dengan Username atau Nama Pengguna saja?.

Untuk kasus serupa bisa baca tulisan lain berjudul Gagal Login, Nama Pengguna Tidak Sah.

Ada beberapa penjelasan yang memungkinkan sebagai penyebab pesan eror tersebut, dan tidak jauh berbeda dengan penyebab pesan eror login menggunakan Username. Mari kupas sebab-sebabnya…

  • Salah ketik Alamat Email (typo)
  • Email tidak atau belum terdaftar
  • Email diblokir atau di-blacklist
  • Email dihapus dari website

Salah Ketik Alias Typo

Kesalahan ketik terjadi bisa dikarenakan kurangnya konsentrasi saat menekan tombol huruf/angka diatas keyboard. Juga dapat disebabkan karena lupa sehingga salah mengetik alamat email yang seharusnya. Lalu ada pula kemungkinan tombol pada keyboard atau keypad rusak dan tidak menyadarinya saat mengetik.

Email Belum Atau Tidak Terdaftar

Email yang tidak sah bisa disebabkan karena belum terdaftar atau tidak terdaftar di dalam website. Kejadian yang sering dialami oleh penulis sendiri adalah salah memasukan Alamat Email saat login di web A padahal ternayat itu email yang saya daftarkan di web B.

Email Diblokir Atau Diblacklist

Administrator dapat memblokir Alamat Email pengguna, pada kasus tertentu ada pengguna yang nakal dan mengganggu (termasuk didalamnya juga spammer). Pengguna bersangkutan tidak dapat lagi Login menggunakan Alamat Email yang telah diblokir tersebut.

Pengguna Dihapus Dari Website

Dengan berbagai alasan, seorang Administrator dapat menghapus data Pengguna dari website. Hal ini menyebabkan pengguna tidak dapat lagi Login dan karena data Username dan Alamat Email yang terdaftar dihapus dari database.

Apa artikel diatas membantu kamu?

Berikan bintang dong

Nilai rata-rata / 5. Jumlah Vote:

__Terbit pada
April 24, 2019
__Kategori
Login

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *